Mengenal PHP

Baiklah pada postingan kali ini saya akan menyampaikan sedikit tentang PHP.
PHP : Hypertext Preprocessor adalah suatu bahasa pemrograman web yang biasanya disisipkan dalam html yang berguna untuk membuat website yang dinamis (menurut saya),
kalo mau lebih lengkapnya silahkan anda ke sini , di sini, ke sini atau lebih komplit ke sini aja deh, :P.
oh ya selain PHP ada juga yang lain seperti ASP (active server page) dan banyak lagi lainnya, namun PHP punya kelebihan-kelebihan tersendiri.

kelebihan php adalah :
1. yang pastinya free
2. open source
3. support banyak database , serperti MySQL, Oracle, PostgreSQL, dan lainnya
4. support banyak web server seperti Apache, IIS, dan lainnya
5. Mampu berjalan di berbagai Sistem Operasi (Linux, Windows, Unix, dan lainnya)
6. dan masih banyak kelebihan lainnya yang bisa anda cari di sini .. :P (padahal ga tau lagi)

oh ya, untuk belajar PHP kita perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu.
Persiapan-persiapan yang dibutuhkan untuk belajar PHP adalah :

1. Tentunya mental dulu donk (oke,, ini lebay)
2. Sebuah PC punya sendiri (ane tau, ane tau, ini gak perlu dibahas, tapi ini penting)
3. okeoke ane serius sekarang , yang pertama adalah Web Server, seperti Apache atau IIS: Internet Information Service, ente bisa mendownload Apache di sini. memang apa sih gunanaya web server ? ah, anda gak perlu tau itu, itu ga penting, kalo anda mau tau googling sana (sebenarnya ane gak tau :P)
4. Yang dibutuhkan selanjutnya adalah modul PHP yang bisa anda download di sini. memang gunanya buat apa sih ? jangan meremehkan ane ya,, ane tau kalo yang ini, ini tuh berguna untuk mm.. apa ya? mmm… googling aja deh,, masa sih yang beginian juga ane harus kasi tau ? hehe,, becanda-becanda, modul php itu berfungsi untuk menjalankan PHP lah,, yang lainnya tanya google ajah.. :P
5. MySQL , bisa anda download secara gratis di sini.
6. Editor PHP, anda bisa menggunakan software seperti dreamweaver, php designer atau php editor ataupun notepad. googling aja ya, mudah kok dapatnya, kalo emank males pake notepad aja (why not ?).
7. sebuah web browser seperti Internet Explorer, Firefox, Thunderbird, Google Chrome, dan lainnya.
untuk nomor 3, 4 dan 5 saya sarankan anda lebih baik mendownload software yang sudah mencakup semua itu, biar ga ribet, contohnya seperti XAMPP, Appserv, PHPTriad dan lainnya, karena didalamnya sudah mencakup (Apache, MySQL, PHP, PhpMyAdmin), anda bisa mendownload XAMPP di sini atau appserv di sini. (kenapa ga bilang dari tadi sih? suka-suka ane donk, kenapa ga nanya ? :P)

okeh.. mungkin untuk saat ini , ini dulu ya .. ntar kita lanjutin ke tahap selanjutnya. .

 

Posted in PHP

Leave a Reply

